Pages

Bendera Gerakan Pramuka

Salam Pramuka !!!

Bendera merupakan salah satu Simbol dari setiap organisasi. Begitupun juga, Bendera Pramuka merupakan salah satu simbol Gerakan Pramuka. Simbol atau dalam kata lain diidentikan dengan lambang, dalam Gerakan Pramuka Indonesia yang utama adalah Tunas Kelapa. Mengenai Lambang Gerakan Pramuka ini telah diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 Tahun 1972, tentang Lambang Gerakan Pramuka.

Terkait salah satu Simbol atau Lambang Gerakan Pramuka, berikut ini akan disajikan Bendera Gerakan Pramuka. Beberapa ketentuan tentang Bendera Gerakan Pramuka adalah sebagai berikut:
  • Bendera Gerakan Pramuka berbentuk segi empat panjang dan berukuran tiga berbanding dua, berwarna dasar putih, di tengah-tengahnya terdapat Lambang Gerakan Pramuka berwarna merah.
  • Di bagian atas dan bawah bendera terdapat jalur merah dengan ukuran lebar 1/10 dari lebar bendera. Letaknya 1/10 dari lebar bendera, dari sisi atas dan sisi bawah.
  • Pada bagian pinggiran tempat tali bendera terdapat jalur merah sepanjang lebar bendera, dengan ukuran lebarnya 1/8 dari panjang bendera, dengan tulisan: Untuk Kwartir, adalah Nama Kwartir dan Untuk Gugus Depan, adalah Nama Kwartir dan Nomor Gugus Depan.
Gambar Bendera Gerakan Pramuka, seperti contoh berikut ini:


Contoh : Ukuran dan Penamaan
Bendera Gugus Depan

Selain ketentuan di atas, Bendera Gerakan Pramuka memiliki ukuran yang ditetapkan untuk setiap tingkatan untuk tingkat:

- Tingkat Nasional
: 200 cm x 300 cm
- Tingkat Daerah
: 150 cm x 225 cm
- Tingkat Cabang
: 90 cm x 135 cm
- Tingkat Ranting
: 60 cm x 90 cm
- Tingkat Gugus Depan
: 60 cm x 90 cm
Demikian informasi mengenai Bendera Gerakan Pramuka yang dapat penulis sajikan dalam kesempatan ini. Semoga Barokah.

Salam Pramuka !!!
Labels: Atribut, Teori Dasar

Terima kasih telah membaca Bendera Gerakan Pramuka. Silahkan berbagi jika bermanfaat !!! ...

0 Comment for "Bendera Gerakan Pramuka"

Back To Top