Pages

Tahun 2001 Gerakan Pramuka Keluar dari Keanggotaan WAGGGS

Salam Pramuka !!!

Kepramukaan Indonesia dengan Organisasi Kepanduan Dunia yaitu WOSM dan WAGGGS merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Pada awal berdirinya kepanduan dunia memang hanya mengakomodir anggota Putra, hingga kemudian Baden Powell bersama adik perempuan dan istrinya membentuk organisasi kepanduan khusus Putri untuk mengakomodir minat kaum perempuan dalam kegiatan kepanduan.

Gerakan Pramuka Indonesia yang terdiri dari Putra dan Putri pun menjadi bagian dari dua organisasi kepanduan dunia tersebut yaitu WOSM dan WAGGS. Sehingga pada setiap kegiatan Kepramukaan apapun Lambang/Bendera Pramuka selalu disandingkan dengan Lambang/Bendera WOSM dan WAGGGS. Begitupun Embleem untuk Pramuka Putri menggunakan Embleem WAGGGS dan Pramuka Putra menggunakan Embleem WOSM. Pemandangan dahulu adalah seperti ini:

Bendera WOSM - PramukaPutra  dan  Bendera WAGGS - Pramuka Putri

Embleem WOSM Pramuka Putra dan Embleem WAGGGS Pramuka Putri
Akan tetapi, setelah kemudian WOSM mengakomodir keanggotaan Putri, maka Gerakan Pramuka Indonesia mengajukan untuk mendaftarkan Pramuka Putri Indonesia dalam keanggotaan WOSM. Pada tahun 1998 WOSM secara resmi menerima Pramuka Putri Indonesia sebagai anggotanya. Jadi di WOSM, Gerakan Pramuka Indonesia adalah anggota yang mendaftarkan keanggotaan Putra dan Putri. Setelah itu, melalui Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 064 Tahun 2001 dinyatakan bahwa Gerakan Pramuka  Keluar dari Keanggotaan WAGGGS.

Dengan keputusan resmi tersebut, segala simbol dan atribut WAGGGS dalam Kepramukaan Putri Indonesia tidak lagi digunakan.

Bendera dan Embleem WOSM dan Pramuka Putra - Putri
Demikian informasi mengenai Tahun 2001 Gerakan PramukaKeluar dari Keanggotaan WAGGGS yang dapat Penulis sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Barokah.

Salam Pramuka !!!
Labels: Info Umum

Terima kasih telah membaca Tahun 2001 Gerakan Pramuka Keluar dari Keanggotaan WAGGGS. Silahkan berbagi jika bermanfaat !!! ...

0 Comment for "Tahun 2001 Gerakan Pramuka Keluar dari Keanggotaan WAGGGS"

Back To Top