Pages

Mengenal Golongan Anggota dalam Gerakan Pramuka

Salam Pramuka !!!

Peserta didik Gerakan Pramuka adalah warga negara Indonesia yang berusia 7 sampai dengan 25 tahun. Selanjutnya disebut Anggota Gerakan Pramuka. Dalam rentang usia tersebut, Anggota Gerakan Pramuka dibagi menjadi 4 golongan. Peserta didik / Anggota Gerakan Pramuka terdiri dari Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega. Inilah penjelasan keempat Golongan Anggota dalam Gerakan Pramuka.

Pramuka Siaga 
Pramuka siaga adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 7 sampai 10 tahun. Pada usia ini mereka memiliki sifat unik yang sangat beraneka. Pada dasarnya mereka merupakan pribadi-pribadi yang aktif dan tidak pernah diam. Sifat unik siaga merupakan kepolosan seorang anak yang belum tahu resiko dan belum dapat diserahi tugas dan tanggungjawab secara penuh. Sifat yang paling menonjol adalah keingintahuan yang sangat tinggi, senang bernyanyi dan menari, agak manja, suka meniru, senang mengadu, dan sangat suka dipuji. [Baca Selengkapnya]

Pramuka Penggalang
Pramuka Penggalang adalah peserta didik dalam Gerakan Pramuka yang berusia antara 11 sampai 15 tahun. Golongan usia ini termasuk dalam kelompok remaja dan telah meninggalkan masa kanak-kanak serta sedang menuju ke masa dewasa. Remaja merupakan salah satu periode kehidupan yang dimulai dengan perubahan biologis pada masa pubertas dan diakhiri dengan masuknya seseorang kedalam tahap kedewasaan. Perubahan fisik merupakan transformasi yang paling jelas dialami remaja.

Nama Penggalang diambil dari kiasan dasar Gerakan Pramuka yang bersumber pada perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan yaitu "masa menggalang persatuan" yang diwujudkan dalam ikrar sumpah pemuda.

Pramuka Penegak
Pramuka Penegak adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 16 sampai 20 tahun. Pembinaan golongan penegak merupakan tahapan pembinaan setelah pramuka penggalang. Jika penggalang dikiaskan sebagai masa pemuda menggalang persatuan bangsa maka Penegak dikiaskan sebagai masa pemuda menegakkan kemerdekaan bangsa yang ditandai dari peristiwa proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Secara umum usia masa penegak disebut masa sosial atau masa remaja awal yaitu masa pencarian jati diri, memiliki semangat yang kuat, suka berdebat, kemauannya kuat, agak sulit mencegah kemauannya apabila tidak melalui kesadaran rasionalnya, ada kecenderungan agresif, dan sudah mengenal cinta dengan lain jenis.

Pramuka Pandega
Pramuka Pandega adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 21 sampai 25 tahun, yang juga disebut sebagai Senior Rover. Masa ini adalah masa pembentukan kemandirian, masa mempersiapkan diri untuk berkarir, dan membentuk idiologi pribadi yang di dalamnya juga meliputi penerimaan terhadap nilai dan sistem etik. Pada masa ini juga kemampuan kognitifnya terus bertambah yang mengarah kepada peningkatan potensi, donia sosialnya meningkat dan sifat agresifnya mulai menurun, pertimbangan rasionalnya semakin tajam, memiliki sifat yang kreatif, suka berkarya dan selalu ingin menunjukkan eksistensinya.

Demikian informasi mengenai Mengenal Golongan Anggota dalam Gerakan Pramuka yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Barokah.

Salam Pramuka !!!
Labels: Teori Dasar

Terima kasih telah membaca Mengenal Golongan Anggota dalam Gerakan Pramuka . Silahkan berbagi jika bermanfaat !!! ...

0 Comment for "Mengenal Golongan Anggota dalam Gerakan Pramuka "

Back To Top