Pages

Syarat Kecakapan Umum Pramuka

Salam Pramuka !!!

Syarat Kecakapan Umum adalah syarat yang wajib dipenuhi oleh Gerakan Pramuka atau seorang Pramuka untuk memperoleh Tanda Kecakapan Umum Syarat Kecakapan Umum merupakan salah satu cara penerapan Sistem Tanda Kecakapan sesuai dengan prinsip prinsip dasar metodik pendidikan Kepramukaan seperti ditentukan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.


Seorang anak/ remaja/ pemuda yang dengan sukarela ingin menjadi anggota Gerakan Pramuka, pertama- tama memasuki masa calon (tamu) selarna satu sampai dua bulan. Selama masa calon (tamu) itu yang bersangkutan tidak dibenarkan mengenakan seragam Pramuka (lengkap) dan. yang bersangkutan mengikuti proses pendidikan Kepramukaan, latihan- latihan memenuhi Syarat Kecakapan Umum untuk mencapai tingkat pertama sesuai dengan golongan peserta didik. 

Setelah yang bersangkutan memenuhi SKU (sesuai dengan golongannya), yang bersangkutan dilantik dalam suatu upacara pelantikan dan diminta secara sukarela mengucapkan janji pramuka sesuai dengan golongannya (Dwi Satya untuk Siaga, Tri Satya untuk Penggalang, Penegak dan Pandega). Selelah mengucapkan janji Pramuka, maka yang bersangkutan menjadi Pramuka dan berhak untuk mengenakan seragam Pramuka (lengkap) dan memperoleh Tanda Anggota Gerakan Pramuka.

Tegasnya SKU untuk pertama bagi masing-rnasing golongan peserta didik merupakan syarat yang wajib dipenuhi oleh seorang anak/ remaja/ pemuda untuk menjadi anggota Gerakan Pramuka, SKU merupakan cara penerapan Sistim Tanda Kecakapan sesuai dengan prinsip dasar metodik pendidikan Kepramukaan menurut ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, oleh karena itu harus dilaksanakan dalam Gerakan Pramuka. SKU merupakan cara penerapan Sistim Tanda Kecakapan sesuai dengan prinsip dasar metodik pendidikan Kepramukaan menurut ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, oleh karena itu harus dilaksanakan dalam Gerakan Pramuka.

Keinginan untuk dihargai berupa pujian maupun pemberian benda karena sesuatu hasil karya/ prestasi kemahiran itu merupakan sitat manusia, khususnya anak/ remaja/ pemuda. Penghargaan itu akan merupakan rangsangan dan dorongan bagi seseorang untuk lebih giat berusaha/ bekerja. Maka tanda-tanda Kecakapan Umum yang diperoleh seorang Pramuka setetah berusaha menyelesaikan syarat Kecakapan Umum merupakan nilai pendidikan tinqgi bagi anak/ remaja/ pemuda, dan SKU, pada para Pramuka mendidik untuk menghargai usaha/ jerih payahnya, menghargai hasil karyanya, dan menghargai orang lain dengan usaha dan hasil karyanya.

Jelasnya, SKU adalah alat pendidikan. SKU, sebagai alat pendidikan, merupakan rangsangan dan dorongan bagi para pramuka untuk memperoleh kecakapan- kecakapan yang berguna baginya, untuk berusaha mencapai kemajuan, dan untuk memenuhi persyaratan sebagai anggota Gerakan Pramuka

SKU disusun menurut pembagian golongan usia para Pramuka, yaitu golongan siaga (S) golongan Penggalang (G), golongan Penegak (T) dan golongan Pandega (D).

SKU untuk Pramuka Siaga, terdiri dari 3 tingkat, yaitu :
- Tingkat Siaga Mula.
- Tingkat Siaga Bantu.
- Tingkat Siaga Tata.

SKU untuk Pramuka Penggalang, terdiri dari 3 tingkat, yaitu
- Tingkat Penggalang Ramu.
- Tingkat Penggatang Rakit.
- Tingkat Penggalang Terap

SKU untuk Pramuka Penegak, terdiri dari 2 tingkat, yaitu :
- Tingkat Penegak Bantara,
- Tingkat Penegak Laksana

SKU untuk Pramuka Pandega, terdiri dari 1 tingkat saja ialah
- Tingkat Pandega.

Demikian informasi mengenai Syarat Kecakapan Umum Pramuka yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Barokah.

Salam Pramuka !!!
Labels: Teori Dasar

Terima kasih telah membaca Syarat Kecakapan Umum Pramuka. Silahkan berbagi jika bermanfaat !!! ...

0 Comment for "Syarat Kecakapan Umum Pramuka"

Back To Top